Thursday, August 15, 2019

DOA PERINGATAN UPACARA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74


Menjelang peringatan Hari Ulang tahun Kemerdekaan RI ke-74 tanggal 17 Agustus 2019, Tepatnya pada hari Sabtu besok, tanggal 17 Agustus 2019. Semua instansi turut menyelenggarakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Dalam tradisi, ada banyak sekali acara rutin yang biasa digelar, di antaranya adalah upacara bendera serta aneka lomba untuk memeriahkan HUT RI.

Acara tersebut dilaksanakan oleh semua kalangan, dari pemerintah pusat, hingga masyarakat di sekolah, tingkat RT, karang taruna, bahkan di kantor.

Dalam rangkaian upacara tidak lepas dengan pembacaan doa, nah dalam kesempatan ini kami memberikan contoh beberapa doa yang telah kami persiapkan yang bisa digunakan dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 diperuntukkan kepada petugas yang telah ditunjuk untuk pembacaan doa. Semoga saja apa yang kami berikan ini ada manfaatnya.
Contoh Doa Pertama
DOA UPACARA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74
TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,
Dengan segala kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh dan mengangkat tangan mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu, atas karunia dan nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-74 tahun 2019, Engkaulah Maha Pencipta alam semesta ini, Engkau jualah yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang menentukan segala-galanya. Oleh karena itu hanya kepada-Mu kami berserah diri dan beriman, dan hanya kepada-Mu pula kami bertawakkal, dan ke hadirat-Mu-lah kami semua akan kembali.

Ya Allah Ya Tuhan Kami,
Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke-74 ini, berikanlah kami inspirasi yang tak putus-putus untuk selalu menciptakan sumber daya manusia unggul Indonesia maju dan berjaya, mampu bersaing dengan bangsa-bangsa di dunia, bangkitkan kesadaran bangsa kami,.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,
Perjuangan bangsa kami belum selesai, perjalanan sejarah bangsa kami masih jauh, oleh sebab itu Ya Allah hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkan kami dari perpecahan, perselisihan serta permusuhan, ciptakan ketulusan hati kami rasa cinta tanah air dan jadikanlah kami bangsa Indonesia yang menghargai jasa pahlawannya, serta mantapkan tekad kami, untuk membangun negara dan bangsa kami, sebagai bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil dan sejahtera.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu, 
Jadikanlah detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa kami dengan sepenuh jiwa, yang hidup dalam keberagaman dan kebinekaan berdasarkan pancasila dan UUD 1945, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kami cintai, dan limpahkanlah karunia-Mu baik yang datangnya dari langit maupun dari bumi.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,
Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami, guru-guru kami, dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada kami, yang telah berjuang dengan tetesan keringat, darah dan air mata, karena kami tahu Engkau maha pengampun lagi maha mengetahui.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, Kabulkanlah permohonan dan doa kami, jadikan kami semua sebagai hamba-hambaMu yang beriman dan bertaqwa serta mendapat rahmat-MU, Aamiin Ya Mujibassailin.

Contoh Doa Kedua
DOA UPACARA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74
TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Ya Allah, Tuhan Sang Maha Segala Kami adalah bangsa Indonesia Bangsa Besar yang Engkau jadikan penuh keberagaman Bangsa yang menghirup udara Pancasila berjiwa keagamaan Bangsa yang hidup dari tanah yang menumbuhkan benih dan buah persaudaraan

Hari ini, kami berhimpun di sini Mensyukuri 74 tahun kemerdekaan NKRI Sebagai upaya kami lebih meneguhkan diri Merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri mencegah permusuhan, pertikaian, dan perpecahan yang harus dihindari

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menguatkan Kuatkanlah ikatan antarkami agar saling menyemai kedamaian Saling menjaga kerukunan, saling menyokong kemajuan Eratkanlah tali silaturahmi antarkami agar saling merawat persaudaraan Sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran

Ya Allah, Tuhan yang berkahNya selalu dinanti Engkau telah memberkati kami kemerdekaan yang amat berarti Bimbinglah kami agar ikhlas merawat kemerdekaan dengan sepenuh hati Mampukanlah kami untuk mengisi kemerdekaan dengan sepenuh hati Mampukanlah kami untuk mengisi kemerdekaan ini Dengan kekuatan iman dan kemuliaan akhlak terpuji Dengan kerja bersama mewujudkan kesejahteraan yang merata di seluruh negeri

Ya Allah, Tuhan Penebar Cinta Satukanlah pikiran, perasaan, dan hati seluruh anak bangsa ini dengan ikatan cinta Cinta para pemimpin kepada segenap rakyatnya Cinta segenap rakyat kepada para pemimpinnya Cinta sesama saudara sebangsa Cinta sesama umat manusia.
Contoh Doa Ketiga
DOA UPACARA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74
TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, Di pagi yang berkah ini, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh mempersembahkan puji syukur ke hadirat-Mu. Engkau lah yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan. Perkenankanlah kami, seluruh bangsa Indonesia, pada pagi hari ini memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, untuk mensyukuri nikmat agung anugerahMu: nikmat kemerdekaan.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu, Jadikanlah peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan, dan perpecahan. Eratkan tali seluruh anak negeri agar senantiasa saling menjaga persaudaraan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana, Engkau telah menganugerahi kami dengan kekayaan bumi, air, dan udara. Kuatkan kaki dan tangan kami agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai dengan ridla-Mu. Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Pengabul segala Do'a, Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami dan guru kami, dosa para pemimpin kami dan para pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan para pahlawan dan syuhada yang telah memerdekakan bangsa dan negara kami. Muliakan mereka dengan kehidupan hakiki di alam abadi.

Ya Allah, kabulkanlah doa dan segala permohonan kami, Engkau Maha Pengampun dan Maha mengabulkan segala doa.
Contoh Doa Ke Empat
DOA UPACARA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74
TANGGAL 17 AGUSTUS 2019
YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA,
Dengan segala kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu, atas nikmat dan rahmat kemerdekaan yang telah Engkau anugerahkan kepada bangsa dan negeri kami. Dan kini kami, tengah memperingati momentum sejarah bangsa kami, 74 tahun yang silam, merepleksikan semangat jiwa para pahlawan untuk melangkah ke masa depan.

YA ALLAH, YANG MAHA PENGASIH,
Kami menyadari sepenuhnya bahwa kemerdekaan yang Engkau anugerahkan kepada kami bangsa Indonesia adalah nikmat yang telah kami peroleh dengan pengorbanan jiwa dan raga, putra-putri pejuang bangsa kami. Oleh karena itu curahkan dan limpahkanlah kasih sayang dan ridho-Mu kepada para pahlawan dan pejuang bangsa kami, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Kiranya engkau mengampuni dosa-dosa para pahlawan kami, dan berkenan menerima pengabdian dan darma bakti mereka sebagai syuhada bangsa dan negara kami.

YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA BIJAKSANA,
Perjuangan bangsa kami belum selesai, perjalanan sejarah bangsa kami masih jauh, oleh sebab itu Ya Allah hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan, mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami, dan jadikanlah bangsa kami bangsa yang mandiri, maju, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil dan sejahtera.

YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PENGAMPUN,
Ampunilah semua dosa kami, dosa ibu bapak kami, para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan kami semua, karena Engkau maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

YA ALLAH, TUHAN YA MUJIBA SAAILIN.

Kabulkanlah do'a dan ragam permohonan kami, Engkau Dzat Maha Mendengar dan Mahan Mengabulkan do'a.



SERONDENGE adalah sebuah blog sederhana yang memberikan informasi tentang ulasan-ulasan software, desain, tutorial dan lainnya sangat menarik untuk di ulas.

No comments: