Monday, July 1, 2019

Panduan Membuat Billing PNBP KUA Melalui Simponi terbaru 2019


Seiring dengan meningkatnya integrasi sistem pembayaran PNBP yang dimiliki oleh Kementerian Negara/Lembaga dengan aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Online (SIMPONI), penggunaan SIMPONI sebagai aplikasi untuk pembayaran/penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) juga terus mengalami peningkatan. Dalam rangka memberikan pelayanan dan meningkatkan pemahaman kepada stakeholder dalam bidang PNBP, kami akan memberikan Panduan Membuat Billing PNBP Melalui Simponi terbaru.

Catatan yang perlu bapak/ibu ingat dalam proses input nama jangan menggunakan tanda simbol contoh : Nama (Safa’at) hal ini akan menyebabkan ketika selesai menginput / simpan, maka data nama akan loading berputar-putar. Kesimpulan nya nama nya diketik Safaat tanpa tanda kutip atas (‘).

1. Silahkan login melalui situs resminya SIMPONI di SINI


2. Tampilan Sebelum Log In, mohon di isi sesuai dengan Nomor Username dan Pasword yang sudah dimiliki setiap KUA Kecamatan.


3. Tampilan Setelah Login

4. Klik menu “Pembuatan Billing, seperti yang terlihat pada gambar !
5. Muncul tampilan seperti dibawah ini, Silakan mengisi form tertera dibawah ini : 
Nah pada tahapan ini tentunya bapak/ibu sudah mempersiapkan nama calon pengantin yang pernikahan nya tercatat diluar Balai Nikah, Nama Calon pengantin, tanggal dan tipologi KUA.
* Wajib Bayar : isikan nama calon pengantin, contoh adam & hawa
* Klik ... kotak hitam
Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, selanjutnya bapak/ibu ikuti langkah yang sudah kami beri tanda.
Tahapan selanjutnya pada Kolom Volume isi ketik angka 1 (satu) lalu gunakan Tab pada keyboard kemudian lanjut ke Keterangan yang perlu disini adalah Tanggal Pernikahan;Tipologi KUA;Nama Calon pengantin.

Contoh : 06/07/2019;D2;ADAM&HAWA. 
KLIK SIMPAN
Akan muncul tampilan “Apakah Pembuatan Data Pembayaran Akan Diproses” Klik YA, selanjutnya akan muncul tampilan “Data Pembayaran Telah Berhasil Disimpan”  Klik OK selanjutnya klik Cetak yang berada dipojok kiri bawah.

Proses download berupa file pdf berisikan kode billing untuk ditunjukkan kepada teller bank. Sebaiknya pembayaran melalui teller bank tidak melalui setoran tunai melalui ATM.  
Demikian Panduan Singkat Membuat Billing PNBP Melalui Simponi bagi KUA Kecamatan, semoga bermanfaat.

SERONDENGE adalah sebuah blog sederhana yang memberikan informasi tentang ulasan-ulasan software, desain, tutorial dan lainnya sangat menarik untuk di ulas.

No comments: